Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Anak Usia Dini

PENELITIAN ini dilatarbelakangi oleh persoalan global yang selama ini menjadi isu internasional yaitu manusia mulai resah dengan dirinya dan lingkungan hidupnya sebagai akibat dari krisis ekologi dan energi. Manusia modern telah medeklarasikan alam. Alam telah dipandang sebagai sesuatu yang harus digunakan dan dinikmati semaksimal mungkin. Memang dominasi terhadap alamlah yang menyebabkan masalah bencana, kepadatan penduduk, kurangnya ruang bernafas, kemacetan kehidupan kota, pengurasan jenis sumber alam dan hancurnya keindahan alam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan lingkungan hidup untuk anak usia prasekolah dan mengetahui nilai-nilai pendidikan lingkungan hidup yang di ajarkan di sekolah anak usia prasekolah. Hal yang terpenting yaitu anak-anak prasekolah dapat tertanam kesadaran tentang lingkungan hidup.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Langkah pertama yang diambil guna menentukan sampel penelitian adalah melalui observasi terhadap beberapa taman pendidikan anak usia dini, sekolah alam dan obyek wisata. Observasi ke beberapa lembaga pendidikan tersebut bertujuan untuk melihat lebih dekat tentang hakikat pembelajaran pada anak usia prasekolah dalam menanamkan nilai-nilai lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif bertujuan untuk meneliti dan mengkaji segala sesuatu yang menjadi pokok bahasan menuju suatu pemekaran makna untuk mencapai suatu kesimpulan melalui nuansa pembelajaran lingkungan untuk anak usia prasekolah

Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan nilai lingkungan untuk anak usia dini sangat dibutuhkan sebagai upaya penanaman kesadaran. Sebab dengan penanaman kesadaran sejak usia dini, anak akan semakin terbiasa dengan pola hidup yang menghargai lingkungan. Terutama pada aspek nilai-nilai lingkungan yaitu anak semakin tahu tentang kebenaran, kebaikan dan keindahan lingkungan atau semesta yang diciptakan Allah sebagai pewujudtan cintanya kepada manusia.

Pendidikan nilai lingkungan hidup sebagai jalan upaya mengintegrasikan kedalam bidang mata pelajaran. Melalui pendidikan nilai ekologi anak akan mengetahui fungsi atau tujuan pendidikan Islam yaitu sebagai abdillah dan khalifah atau dialektika horizontal dan dialektika vertikalnya.

DOWNLOAD (Skripsi No 3)
Klik Here
Share on Google Plus

About Unknown

RIC Karya
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar