Nadzom - Sastra Pesantren

NADZOM SASTRA JAWA ARAB - SASTRA PESANTREN
– AJARAN TARJUMAH KH. AHMAD RIFA’I -

KH. AHMAD RIFA'I pemikirannya yang secara konseptual tertuang dalam sejumlah kitab karyanya yang lebih dikenal dengan sebutan kitab Tarajumah, kitab-kitab Tarajumah inilah yang menjadi sumber resmi ajaran ataupun tradisi Islam Tarajumah

Ajaran tarjumah ialah suatu tuntunan Islam yang tertulis dalam kitab-kitab Tarjumah berbahasa Jawa dan bahasa Melayu karangan Hadlaratusy Syaikh Kiai Haji Ahmad Rifai bin Muhammad. Ajaran Islam yang termaktub di dalam kitab Tarajumah itu bersumber pada Al-Qur'an, al-hadits, al-Ijma’ dan al-Qiyas. Di dalamnya diuraikan mengenai dasar-dasar pokok Islam, iman yang biasanya disebut sebagai “ilmu Ushuluddin” dan menguraikan mengenai masalah ibadah dan muamalah atau mengenai furu’uddin yang kadang disebut sebagai ilmu fiqih dan juga menguraikan mengenai akhlak dalam beribadah dan mu’amalah yang lazim dikatakan sebagai “ilmu tasawuf” serta beberapa nasihat dan hukum yang berhubungan dengan ketiga ilmu tersebut.

Dengan ajaran tarajumah ini, dimaksudkan agar orang-orang awam yang buta bahasa Arab dapat mengerti mengenai iman, Islam dan ihsan serta lainnya. Karena pada umumnya orang-orang awam di Pulau Jawa kurang menguasai bahasa Arab, maka dengan adanya kitab tarajumah ini sangat efektif untuk bisa mempelajari dan memahami serta mendalami dan mengamalkan syari’aT Islam secara benar dan sempurna.

Salah satu dari nadzom kitab KH. Ahmad Rifa'i seperti masalah syarat rukun sholat, Islam, iman dan lain-lain. Isi nadzomnya adalah sebagai berikut:
Tanbihun tan keno ora wong nejo ngibadat
Arep mepeki sekeh rukun lan syarat
Sekeh rukun lan bathale weruho dihajat
Sucine banyu wajib dihimat
Utami banyu kang sah ginawe sucine
Yoiku banyu urip pepitu warno wilangane
Kang dihin banyu udan banyu segoro, banyu kaline
Banyu sumur, banyu sumberan tinemune
Banyu bun, banyu burud iku ginaweruhan
Lamun durung faham mongko wajib pitakonan
Barang ngelmu fahame sangking guru pituturan
Takono marang alim adil kepercayaan

Nadzoman tersebut juga digunakan sebagai penarik minat warga tarajumah, ketika nadzoman tersebut diiramakan dalam rutinan pengajian mauludan al-barzanji. Karena dengan irama nadzomnya para jamaah tarajumah merasa terpanggil dan langsung berdatangan ke tempat lokasi yang mempunyai hajat, dengan prinsip nadzom sudah diiramakan berarti acara sudah akan dimulai.

Contoh - Nadzom KH. Ahmard Rifa’i
نظم حسن المطالب
)معجام- معجام صفة جيلك(
اتوى فر تيلانى صفة الا تنمونى
موغكوة شرع نغ اتى دوصاانانى
ايكلة تنو تور لغظ سرتا معنانى
حوب الدنيا تكس فرتلانى
معنا ترجمة ايكو اسه اغ دنيا
اتوى معنا نى امتلاح سندي
يائكواسه اغ دنيا مليا
اوراروه اغ اخرة دادى سيا

Sumber – Dari berbagai sumber: Ahmad Syadzirin, Gerakan Syaikh Ahmad Rifa'i dalam Menentang Kolonial Belanda, Jama’ah Masjid Baiturrahman, Jakarta Pusat, 1995.
Share on Google Plus

About Madani

RIC Karya
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar