Pesta Rakyat Tanggungrejo Ke-4, Pekan Depan

SEMARANG – Bagaimana hidup ditempat kumuh, bantaran sungai dan kawasan pingiran kota serta banjir yang selalu menjadi langanan? Tentu beragam persoalan tersebut menjadi kesadaran bagi kit untuk peduli. Tapi ini lain dari yang lain karena aka nada pesta rakyat di sana.

Pesta Rakyat Tanggungrejo akan dibuka pada hari Rabu, 19 Agustus pukul 20.00 Wib di Halaman SD Pangudi Luhur Vincentius, Kp. Tanggungrejo, Kaligawe Semarang. Dengan menampilkan ketoprak dengan lakon Suminten Edan yang akan diperankan oleh Widihastuti Djohar.

Selanjutnya akan nada beragam penampilan seperti musik dangdut, pop, rebana dan shalawat, atraksi kesenian kampung, mainan tradisional. Nantinya pesta rakyat tanggungrejo tersebut akan ditutup dengan kirab seni kerakyatan pada pagi harinya yang dimeriahkan penampilan barongsai, dram blek, rebana shalawatan, penganten kajen, dan beragam hiasan karnaval dari masyarakat.

Pada kirab seni kerakyatan nantinya aka ada performance art dengan tema metaekologi yang menampilkan budayawan Eko Tunas, Basa Basuki, Bowo Kajangan, Lukni Maulana dan sajian dari Teater Gema. Acara penutupan tidak hanya diisi dengan kirab seni kerakyatan, dari pagi hingga malam hari akan menampilkan beragam sajian yang berkualitas seperti pembacaan puisi dari penyair Nasional Wage Tegoeh Wijono dari Purwokerto, Budayawan Semarang Djawahir Muhammad, Kumandang Sastra, penampilan dari Pemblusukan, Shendon dari Kudus dan akan diiringi dengan musik keroncong.

Menurut Teha Edy Djohar, dalam pandangan kebudayaan bahwa kita harus memiliki kebijaksanaan dan menghasilkan karya. Karena dengan rasa bijak dan berkarya, kita tidak semata  memanfaatkan atau mengekspolitasi saja tapi mengembangkan apa yang telah ada.

Acara pesta seni kerakyatan ini terbuka untuk umum, tidak dipungut biyaya dan dipersilahkan bagi para pemangku kesenian untuk dapat menampilkan hasil kreasinya pada pesta kerakyatan ini.


Share on Google Plus

About Madani

RIC Karya
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar