Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Elektronik Terhadap Prestasi Belajar

PENELITIAN ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang intensitas penggunaan media elektronik (X) terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y) siswa kelas VII di SMP PGRI I Brebes tahun ajaran 2007/2008.

Teknik pengumpulan data untuk variabel persepsi siswa tentang intensitas penggunaan media elektronik (X) menggunakan instrumen angket, sedangkan untuk variabel prestasi belajar pendidikan agama Islam (Y) menggunakan nilai tes semester Pendidikan Agama Islam.

Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi. Dengan menggunakan rumus y = ax atau ) diperoleh persamaan regresi Y = 0,421 X + 48,441. Hasil analisis data diperoleh Freg = 10,346 > Ftabel (0,01 ; 1 : 28 )= 7,64 dan (0,05 ; 1 : 28) = 4,20.

Dengan demikian dapat diketahui bahwa persepsi siswa tentang intensitas penggunaan media elektronik mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa Kelas VII SMP PGRI I Brebes tahun ajaran 2007/2008.

Hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang intensitas penggunaan media elektronik terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII, yang membuktikan hipotesis yang ada diterima dan dibuktikan.

Hasil penelitian tersebut diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para tenaga pengajar dan guru Pendidikan Agama Islam terutama dalam penggunaan media elektronik agar mendorong dan memotivasi siswa dalam belajar sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

DOWNLOAD
Klik Here
Share on Google Plus

About Unknown

RIC Karya
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar