Implementasi Pendekatan BCCT (Beyond Center and Circle Time) dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

PENELITIAN ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi pendekatan BCCT (Beyond Center and Circle Time) dalam pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain PUD Nasima Semarang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data-data diperoleh melalui kajian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan secara deskriptif untuk mendapatkan pemahaman tentang implementasi pendekatan BCCT (Beyond Center and Circle Time) dalam pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain PUD Nasima Semarang.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi pendekatan BCCT (Beyond Center and Circle Time) dalam pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain PUD Nasima Semarang sudah cukup baik. Pada prakteknya, kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan BCCT (Beyond Center and Circle Time) sudah hampir mendekati teori yang ada. Ini dibuktikan dengan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi yang dilakukan oleh guru-guru di Kelompok Bermain PUD Nasima Semarang. Guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran mereka mempersiapkan perencanaan kegiatan pembelajaran terlebih dahulu, yang terdiri dari: Rencana Kegiatan Harian (RKH), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Bulanan (RKB). Begitu juga pelaksanaannya, dalam proses pembelajarannya telah dilakukan di kelas-kelas sentra yang yang tertata dengan aturan yang jelas sampai pada pijakan-pijakan (scaffolding) yang terdiri dari empat pijakan dan juga lingkungan mainnya ditata agar dapat mendukung dalam tiga jenis main anak; main sensorimotor (fungsional), main peran, dan main pembangunan. Hanya saja kadang-kadang perencanaan pembelajaran yang telah dipersiapkan oleh guru tidak dapat dilakukan secara maksimal dalam pelaksanaan proses pembelajaran karena beberapa sebab.

Sedangkan evaluasi untuk anak usia dini (assesmen) untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan belajar anak melalui beberapa cara yaitu pengamatan, pencatatan anekdot, dan portofolio. Selain itu, guru kelas maupun guru sentra dalam penyampaian materi pembelajaran sudah cukup bervariatif dalam penggunaan metode pembelajaran disesuaikan dengan materinya dan didukung dengan media permainan serta komunikasi yang aktif antara guru dan peserta didik sudah cukup aktif.

DOWNLOAD (Skripsi No 4)
Klik Here
Share on Google Plus

About Unknown

RIC Karya
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar