Pendidikan Moralitas dan Karakter Orang Indonesia menurut Gus Dur


SEBAGAIi seorang intelektual muslim yang juga pernah menjadi guru dan dosen sekaligus tokoh nasionalis, Abdurrahman Wahid juga memiliki konsep tentang pendidikan dan perbaikan bangsa. Akan tetapi konsep pendidikan yang dimiliki sangat global sehingga membutuhkan interpretasi ulang supaya bisa dijalankan. Ia berpendapat dua raksasa di lingkungan gerakan-gerakan Islam, yaitu Muhammadiyah dan NU, memimpin kesadaran berbangsa melalui jaringan pendidikan yang mereka buat. Keduanya sangat dipengaruhi oleh apa yang berkembang di lingkungan gerakan nasionalis.

Nasionalisme dalam arti menolak penjajahan, berarti juga pencarian jati diri sejarah masa lampau negeri sendiri. Hukum atau ajaran Islam memiliki arti besar pada pemeluknya, meski tidak secara penuh. Islam merupakan penuntun dan sumber nilai bagi para muslim. Adapun proses transformasi ajaran Islam itu bisa dilakukan melalui berbagai jenis pendidikan. Dengan begitu Pendidikan agama Islam memiliki tugas yang berat. Akan tetapi selama ini pedidikan di Indonesia dinilai gagal dalam mengemban tugasnya.

Begitu juga yang terjadi pada pendidikan agama yang seharusnya mengambil peran sentral dalam membangun karakter masyarakat dalam kehidupan nyata. Ajaran agama yang meliputi berbagai bidang, seperti hukum agama (fiqh), keimanan (tauhid) dan etika (akhlaq) sering disempitkan hanya kesusilaan belaka dan dalam sikap hidup. Padahal ketiga unsur itulah yang menjadi modal penting dalam kehidupan bermasyarakat para pemeluknya di era yang semakin modern.

Menghadapi dunia yang semakin modern, pendidikan Islam harus mampu menyesuaikan diri. Dua hal yang saling terkait dalam pendidikan Islam saat ini adalah pembaharuan (tajdid) dan modernisasi (al-hadasah).

Dalam pembaharuan pendidikan Islam ajaran-ajaran formal harus lebih diutamakan, dan kaum muslimin harus dididik dengan ajaran-ajaran agama mereka. Adapun yang diubah adalah cara-cara penyampaiannya sehingga ia akan mampu memahami dan mempertahankan kebenaran. Adapun modernisasi pendidikan Islam menuntut umat Islam untuk menjawab tantangan modernisasi.

Sementara mengenai pendidikan nasional, Gus Dur menilai pendidikan nasional terlalu mengikuti paham positivisme. Akibatnya, membuat lembaga pendidikan terpisah dari masyarakat karena mengedepankan skill dan mengabaikan aspek moralitas.149 Gus Dur mencontohkan para ilmuwan
Jerman yang mau bekerja di bawah Hitler hanya mencari keuntungan materi belaka. Karena tidak adanya standar moralitas maka Jerman yang pada waktu itu mempunyai motto “Jerman ada di atas segala-galanya” kemudian menjajah negara lain yang berakhir dengan Perang Dunia II.

Oleh karena itu, pendidikan nasional harus dicarikan paradigma baru yang benar. Untuk mencari hal tersebut, Gus Dur mengingatkan pada pergulatan dua pemikiran yang selama ini sulit untuk disatukan, yaitu Populisme dan Elitisme. Populisme mendekatkan pendidikan kepada rakyat sehingga orientasinya untuk rakyat. Sementara elitisme berpandangan bahwa rakyat tidak tahu apa-apa, hanya kaum elite yang mempunyai ketrampilanlah yang dapat menentukan nasib suatu bangsa.150 Kedua hal tersebut adalah sesuatu yang seharusnya tidak terjadi karena bertentangan dengan demokrasi.

Yang seharusnya dilakukan saat ini adalah mensinergiskan elitisme dengan populisme dalam bingkai profesionalisme. Profesionalisme menurut Gus Dur berarti juga kesetiaan, serta tidak rancu dalam memahami sebab akibat, tentang arah dan pengarah. Dengan demikian, pengembangan paradigma pendidikan nasional yang benar dengan bersandar pada profesionalisme yang juga mempunyai akar-akar populis akan membuat pendidikan nasional menjadi lebih baik. Profesionalisme dalam pendidikan harus mengedepankan moralitas. Pendidikan yang memiliki acuan moral yang benar dikaitkan dengan skill yang bagus akan mampu menghasilkan ilmuwan dan juga generasi bangsa yang hebat di masa depan.

Karakter Manusia Indonesia dalam Pandangan Gus Dur
Sebagai Negara multikultural, perbedaan suku, agama, ras dan tradisi mewarnai kehidupan bangsa Indonesia. Jika sudah demikian, diperlukan nilainilai paling Indonesia yang perlu diperjuangkan dan harus dimiliki manusia Indonesia. Tentang karakter manusia Indonesia, Gus Dur mengemukakan beberapa kelompok yang meninjau karakter manusia Indonesia berdasarkan
perspektif mereka masing-masing.

Pertama, pandangan kaum kritikus sosial, diantaranya dikemukakan oleh Mochtar Lubis. Ia menyebutkan bahwa manusia Indonesia adalah manusia pemalas, munafik, main dari belakang dan sejenisnya. Pandangan ini disebut Gus Dur terutama dipegangi para penulis tua untuk menanamkan rasa tanggung jawab yang penuh atas masa depan bangsa dalam diri generasi muda. Karena kedudukan mereka sebagai kritikus, maka harus berani mengungkapkan penyakit-penyakit utama dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Tanpa melakukan itu mereka akan kehilangan relevansinya di tengah kehidupan bangsa Indonesia.

Kedua, versi mereka yang idealis pada nilai-nilai luhur, mereka meletakkan semua pada nilai luhur serba agung yang telah membawa bangsa pada kejayaan. Prinsip-prinsip itu di antaranya sikap bijaksana, bangsa pecinta perdamaian, sopan, giat berkarya tetapi memiliki akar yang dalam pada kehidupan yang kaya refleksi dan meditasi, serta sabar namun tekun dalam membangun masyarakat yang adil. Menurut Gus Dur, penilaian ini disebut sebagai idealisasi yang terlalu kekanak-kanakan.

Ketiga, pendapat kaum akademisi yang dikembangkan, misalnya oleh Koentjaraningrat, yang tidak menempuh dua jalan yang saling berkebalikan di atas, yakni penyesalan diri dan pengidealan diri. Menurut pendekatan ini, mereka mengikuti apa yang empiris dari yang dilakukan para sarjana. Dalam versi ini menyebutkan bahwa “sejumlah orientasi tertentu ternyata menghadap pada sikap dan ketrampilan yang diperlukan untuk mengambil inisiatif mengatasi tantangan modernisasi”.

Keempat, pandangan kaum kebangsaan modern untuk menjadi Indonesia yang menurut Gus Dur lahir dari pemuda-pemuda daerah dan gerakan Islam. Dari pemuda daerah kemudian membentuk komunitas pemuda kepulauan tertentu, seperti jong java, jong sumatera dan sebagainya. Di sini
Gus Dur menunjukkan bahwa ada rasa memiliki terhadap dunia yang lebih luas dari dunia mereka. Ada proses untuk melakukan pilihan antara ketundukan pada hidup lama di satu sisi dengan mengikuti kehidupan modern di pihak lain.

Dari pandangan di atas, Gus Dur menyebutkan masih adanya kekaburan tentang nilai-nilai apa yang membentuk karakteristik bangsa Indonesia. Hal yang terjadi adalah pengembaraan rohani tanpa batas jelas untuk mengembangkan nilai-nilai dan orientasi baru. Dari penjelasan itu, Gus Dur berpendapat bahwa yang disebut “paling Indonesia” di antara semua nilai adalah “pencarian tidak berkesudahan akan sebuah perubahan sosial tanpa memutuskan sama sekali dengan masa lalu”. Gus Dur menyebutnya dengan istilah “pencarian Harmoni”. Nilai-nilai Indonesia itu menampilkan watak kosmopolitan, pluralis dan toleran, yang diiringi rasa keagamaan yang kuat dengan tetap berpijak pada kekuatan dasar masyarakat tradisional untuk mempertahankan diri berhadapan dengan kenyataan perubahan yang selalu muncul dalam kehidupan sosial.

Refrensi:
Abdurahman Wahid, Islam Kosmopolitan, Jakarta: The Wahid Institute, 2007
Abdurrahman Wahid, Islamku Islam Anda Islam Kita, (Jakarta: The Wahid Institute,
2006), cet II
Abdurrahman Wahid, “Pendidikan di Indonesia antara Elitisme dan Populisme”, dalam
Mudjia Rahardjo (ed), Quo Vadis Pendidikan Islam, (Malang: Cendekia Paramulya, 2006), cet. II,
Abdurrahman Wahid, Misteri Kata-Kata, Jakarta: Pensil-324, 2010
Abdurrahman Wahid, Prisma Pemikiran Gus Dur, Yogyakarta: LKiS, 2010, cet.II
Nur Khalik Ridwan, Gus Dur dan Negara Pancasila, Yogyakarta: Tanah Air, 2010
Share on Google Plus

About Unknown

RIC Karya
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar